9 Tips Mengembangkan Karir Anda

Saya menuliskan ini karena kebetulan tadi siang saya bertemu mantan teman sekantor saya. Dia juga merupakan salah satu senior saya ketika masih bekerja di sebuah perusahaan distributor di makassar. Namun satu hal yang menjadi latar belakang saya menulis artikel ini adalah kenyataan bahwa dia masih diposisi yang sama sejak tahun 2000 silam.

Meskipun memang saya tau dia juga Pernah Jealous kepada saya karena merasa pada waktu itu hanya dalam waktu kurang dari 3 tahun saya telah melampaui posisinya dan bahkan dia jadi salah satu crew di team yang saya pimpin.

Tulisan Ini merupakan hasil pengalaman saya selam ini dan mudah – mudahan berguna juga buat Anda. Saya Hanya menuliskannya singkat, hanya inti – intinya saja. silahkan Anda mengembangkan sendiri dengan gaya Anda.

Baiklah mari kita bahas satu persatu…

1. Jangan jadikan Uang Sebagai Motivasi Utama.

Anda pasti bertanya, kalau bukan Uang ngapain Kita bekerja?. Dalam bukunya yang Berjudul Why Work? Michael Maccoby, seorang antropolog, analis psikologi dan juga konsultan manajemen mengungkapkan ” Pada Akhirnya semua orang harus bekerja, tidak hanya untuk mendapatkan imbalan kebutuhan pokok tapi juga karena ingin menerapkan kemampuan yang mereka miliki dan merasa berharga bagi diri sendiri maupun orang lain”.

sekarang mari sedikit anda membayangkan, kira – kira berapa gaji atasan Anda?

Berapa gaji manager anda?

Dan kalau anda Bayangkan lagi, kira – kira kalau anda mencapai posisi seperti mereka, bahagiakah anda?

Mungkin saja. Namun yang Ingin saya sampaikan Adalah Jadikanlah Proses bertumbuh sebagai motivasi.

sebab jika Anda menjadikan penghasilan Anda saat ini sebagai Alasan untuk bekerja, maka yakinlah bahwa dalam beberapa waktu yang akan datang, anda akan menjadi bosan karena tidak menemukan kebahagiaan dalam bekerja. Kenapa tidak anda berusaha menjadi orang yang lebih berhasil? karena sebagai manusia Anda punya Hak yang sama Untuk mendapatkan sesuatu.

2. Belajar untuk Bermain

Jika anda masih tergolong “Anak baru” di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini, pelajari semua hal dikantor anda, seluk beluk perusahaan anda,bagimana pekerjaan di divisi lain di perusahaan anda, dan segala hal yang perlu anda tau. Jika anda tidak tau, sering seringlah bertanya kepada orang yang lebih mengerti. hal ini akan sangat membantu nantinya untuk perkembangan karir anda.

Dan satu hal yang paling sering dilupakan orang dalam bekerja adalah Menikmati pekerjaannya. Nikmati prosesnya, dan jadikan kesulitan yang dihadapi sebagai tantangan. contohnya: jika pimpinan Anda memerintahkan sebuah tugas keluar kota, anggaplah Hal itu seperti bekerja sambil berekreasi. Emban tanggung jawab yang diberikan dengan sepenuh hati, Curahkan seratus persen kemampuan Anda dalam mengerjakan semua pekerjaan Anda. Karena amanat berat takkan diberikan kepada Anak kecil yang tidak punya tanggung jawab.

3. bangga terhadap profesi anda.

Kebanggan profesi adalah salah satu hal yang wajib selalu anda tunjukkan. Dengan menjadi bangga akan profesi, akan membuat orang lain baik di kantor, lingkungan tempat anda tinggal, maupun pergaulan, akan  lebih sadar bahwa anda bukanlah  orang yang cuma “numpang cari makan” diperusahaan anda bekerja saat ini. Seiring waktu atasan Anda pasti akan mengetahui bahwa Anda adalah orang yang wajib di perhitungkan, yakinlah akan hal itu.

4.Tetapkan sasaran dan lakukan perubahan mulai sekarang.

Satu pertanyaan yang harus anda tanyakan pada diri sendiri adalah “3 tahun dari sekarang saya ingin berada dimana?”

Masalah target adalah urusan anda sendiri untuk menentukan berapa lamanya. saya cuma ingin mengatakan, Apakah anda Ingin terus berada di posisi sekarang? puas dengan apa yang Anda capai sekarang? Kalau jawaban Anda Iya, Silahkan berhenti membaca dan lakukan hal lain yang lebih penting daripada membaca sesuatu yang tidak Anda butuhkan sama sekali.

Tapi jika jawaban Anda tidak, Silahkan melanjutkan.

Jika anda ingin menjadi pimpinan, berpikirlah seperti seorang pimpinan. Jika Anda jadi pimpinan, apa yang saya harapkan dari bawahan saya? bagaimana seharusnya bawahan saya bekerja? jika anda sudah tau, lakukan sebagaimana yang di harapkan. Saya yakin anda Akan terkagum kagum pada pencapaian Anda sendiri.

5. Kelilingi Diri Anda Dengan Tanda -tanda keberhasilan.

Yang Saya maksudkan disini adalah meningkatkan diri Anda secara Maksimal. Bergaullah dengan Orang – orang yang cemerlang dibidang anda, Banyak membaca buku dan ikuti seminar, pelatihan dan apapun yang dapat menambah wawasan Anda.

Karena kadang kadang,” kita tidak tau apa yang kita tidak tau”.

Bertanyalah dan berdiskusi dengan Atasan anda seputar pekerjaan anda. Saya Yakin pimpinan anda dengan senang hati akan memberikan masukan bahkan solusi seputar tugas – tugas yang anda kerjakan. Bahkan kalau Ada ide yang ingin Anda sampaikan, Sampaikanlah. Jangan takut memberi masukan selama masukan Itu sifatnya membangun.

6.Bersaing Itu PERLU

Saya yakin dalam perusahaan selalu terjadi persaingan. Namun jika persaingan nya Sehat, Itu akan membuat anda lebih bergairah dalam bekerja. Mengutip kata – kata Ibu marta Tilaar yang pernah saya Baca, kalau tidak salah ” Persainganlah yang menyebabkan kemajuan“.

7. Jangan kecanduan Pujian.

Hal Ini saya sangat Anjurkan, karena ketika Anda kecanduan pujian, Anda telah bergeser dari tujuan anda semula. Terimalah pujian itu sebagai sebuah pujian, tapi jangan jadikan sebagai kebutuhan.

8. Jadilah Pribadi Yang Menyenangkan

Begaullah dengan Atasan, bawahan, Ob , supir dikantor Anda, dan siapapun yang Anda temui. Tunjukkan selera humor anda, dan jangan sungkan memberi bantuan kepada rekan kerja ,costumer anda, atau siapapun yang membutuhkan selama Anda mampu.

Karena Suatu Saat Merekalah yang Akan Anda pimpin, merekalah yang akan membantu anda mencapai target anda. Dan tidak ada yang lebih menyenangkan dari pada memiliki pimpinan Yang menyenangkan bukan?

9. Jangan lupa Berdo’a

Karena saya yakin, anda takkan dapat mencapai sesuatu tanpa seisin yang maha kuasa. Anda pasti tau itu…

Mudah- mudahan tips yang saya bagikan ini berguna Untuk Anda. Dan Anda dapat menambahkan sendiri daftar lainnya sesuai dengan pengalaman Anda masing- masing.

Salam Perubahan

Ervine

10 pemikiran pada “9 Tips Mengembangkan Karir Anda

  1. Terima kasih tipsnya sangat membantu. Lokasi bapak dimana mungkin suatu saat jika waktu memungkinkan bisa sharing ke alumni kami yg sudah berkerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s