5 cara membuat goal setting

Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidup, entah itu dalam karir, financial ataupun percintaan. Namun tidak sedikit yang masih bingung untuk membuat Goal Setting – nya sendiri. Berikut 5 tips bagaimana membuat goal setting:

1. Identifikasi values anda dan nyatakan misi

Values personal anda adalah penentu arah, jika anda bisa mengidentifikasinya, maka goals anda tidak akan salah. Ini adalah awal mula dari pencapaian semua keinginan anda. Jadi seperti apa gambaran diri anda yang ingin ditampilkan di kantor dan lingkungan harus anda tetapkan sebelum membuat goal setting.

2. Cari tahu goals yang anda inginkan

Setelah tahu apa personal values anda, cari tahu apa goals yang benar-benar anda inginkan di setiap aspek kehidupan. Anda bisa menggunakan analisis SWOT.

3. Tulislah goals anda dan yakinkan bahwa goals anda menggunakan prinsip SMART.

Tulislah goals anda dalam secarik kertas, jangan hanya di bayangkan, karena itu hanya akan menjadi mimpi. Anda bisa membatasi goals, 5-6 goals dalam sekali waktu. Gunakan metode SMART supaya goals anda lebih terukur.

4. Buatlah daftar skills dan pengetahuan yang dibutuhkan

Kesuksesan membutuhkan persiapan, jika anda ingin sukses, persiapkanlah dengan matang. Cari faktor-faktor yang membantu anda meraih goals anda. Cari juga komunitas yang bisa membantu anda.

5. Buatlah “action plan

Anda membutuhkan suatu jadwal detil yang mengacu pada goals anda, buatlah jadwal tersebut dan buat komitmen untuk menjalankannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s