Kesurupan Matrealisme

matrejudul diatas merupakan penggambaran saya tentang kenyataan yang sat ini saya lihat di sekitar saya, saya alami secara langsung dan juga dampaknya saya rasakan. entah dengan anda.

menurut wikipedia Kata materialisme terdiri dari kata materi dan isme.[1] Materi dapat dipahami sebagai bahan; benda; segala sesuatu yang tampak.[3] Materialisme adalah pandangan hidup yang mencari dasar segala sesuatu yang termasuk kehidupan manusia di dalam alam kebendaan semata-mata, dengan mengesampingkan segala sesuatu yang mengatasi alam indra.[3] Sementara itu, orang-orang yang hidupnya berorientasi kepada materi disebut sebagai materialis.[3] Orang-orang ini adalah para pengusung paham (ajaran) materialisme atau juga orang yang mementingkan kebendaan semata (harta,uang,dsb).[3]

pendeknya matrealisme adalah falsafah hidup yang didasarkan dan berorientasi pada kebendaan (apa yang kita miliki)

matrealisme kemudian berevolusi masuk kedalam sendi budaya yang akhirnya mempengaruhi pola dan kehidupan kita sehari hari. bahkan tidak sedikit dari kita yang menilai segala sesuatu berdasarkan apa yang orang lain miliki, baik itu harta, dan jabatan, mobil yang orang lain pakai, jumlah rumahnya, dan apapun yang sifatnya kebendaan.

mungkin ini jadi semacam autopilot bagi kita, karena ini berlangsung tiap hari, dan terus menerus. dan pada akhirnya membawa kita pada acara berkejar kejaran dengan materi. melelahkan.

keserakahan memang sifat yang melekat pada diri manusia, dan tidak naif saya juga serakah, karena mengumpulkan banyak hal yang belum tentu saya butuhkan. namun yang membuat saya miris adalah mengapa konsep matre ini kemudian menggerogoti kita tak tersisa. bagaimana tiap hari kita saling memangsa, bagaimana banyak dari kita saling membodohi, dan juga culas agar segala sesuatu dapat kita miliki. apakah kita memang kehilangan rasa kemanusiaan ?

KIDDIES

Tinggalkan Balasan

